Rabu, 13 Januari 2016

Pendidikan di Indonesia ? Harus ada pemerataan





Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang bersifat umum bagi setiap manusia dimuka bumi ini. Pendidikan tidak terlepas dari segala kegiatan manusia. Dalam kondisi apapun manusia tidak dapat menolak efek dari penerapan pendidikan. Pendidikan diharapkan dapat menyediakan kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh warga Negara Indonesia untuk memperoleh pendidikan. Di Indonesia, tidaklah menjadi hal yang baru bahwa pada bidang pendidikan mengalami banyak permasalahan. seperti masalah pemerataan pendidikan yang tidak merata. Ketika permasalahan pemerataan itu terjadi, maka faktor terbesar yang menyebabkan masalah pemerataan terjadi adalah masalah pendidikan yang mahal. Tentang semakin besar dana yang dimiliki oleh pemerintahan dikota yang besar, maka semakin dikembangkannya pendidikan dikota itu menjadi pendidikan yang sangat
memadai dalam sarana dan prasarananya.

Masalah pemerataan pendidikan timbul apabila masih banyak warga Negara khususnya anak usia sekolah yang tidak dapat di tampung dalam sistem atau lembaga pendidikan karena kurangnya fasilita pendidikan yang tersedia. Saat ini kondisi pendidikan di Indonesia masih belum merata. Misalnya saja di kota-kota besar sarana dan prasarana pendidikan disana sudah sangat maju. Sedangkan di desa-desa hanya mengandalkan sarana dan prasarana seadanya. Banyak sekolah – sekolah yang kurang diperhatikan dan kurang direnovasi di wilayah pedalaman. Melainkan dengan sekolah – sekolah yang ada di kota – kota besar. Lalu kemana perginya uang rakyat ? yang digunakan untuk memenuhi fasilitas di Indonesia terutama untuk pendidikan. Bukan hanya masyarakat di desa saja yang masih tertinggal pendidikannya. Daerah-daerah di Indonesia timur bukan hanya sarana dan prasarana yang kurang tapi juga kurangnya tenaga pengajar sehingga sekolah-sekolah disana masih membutuhkan guru-guru dari daerah-daerah lain. Walaupun ada warga negara Indonesia yang tinggal di kota-kota besar tapi karena mereka termasuk ke dalam warga negara yang kurang mampu sehingga mereka tidak bisa merasakan pendidikan. Banyak anak-anak yang masih di bawah umur sudah bekerja untuk membantu orang tua mereka dalam mempertahankan hidupnya.

Ketika pemerintah sudah mengetahui kemajuan pendidikan dikota-kota yang besar, kebanyakan justru melakukan pengembangan yang lebih besar lagi pendidikan dikota besar tersebut. Maka seharusnya tindakan pemerintah dikota besar itu yang benar adalah lebih memperdulikan pendidikan yang kurang dikota-kota terpencil dan memulai membantu untuk pengembanganan kecil-kecilan hingga besar terhadap pendidikan dikota terpencil tersebut. Agar tercapainya pemerataan pendidikan antara kota-kota besar dengan pendidikan kota-kota kecil. Sehingga tidak ada lagi ketidakadilan yang terjadi didalam pendidikan di Indonesia.



NADYA SAFIRA
15321079
B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar