Pendidikan
merupakan suatu kegiatan yang bersifat umum bagi setiap manusia dimuka bumi
ini. Pendidikan tidak terlepas dari segala kegiatan manusia. Dalam kondisi
apapun manusia tidak dapat menolak efek dari penerapan pendidikan. Pendidikan
diharapkan dapat menyediakan kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh warga
Negara Indonesia untuk memperoleh pendidikan. Di Indonesia, tidaklah menjadi
hal yang baru bahwa pada bidang pendidikan mengalami banyak permasalahan.
seperti masalah pemerataan pendidikan yang tidak merata. Ketika permasalahan
pemerataan itu terjadi, maka faktor terbesar yang menyebabkan masalah
pemerataan terjadi adalah masalah pendidikan yang mahal. Tentang semakin besar
dana yang dimiliki oleh pemerintahan dikota yang besar, maka semakin
dikembangkannya pendidikan dikota itu menjadi pendidikan yang sangat
memadai
dalam sarana dan prasarananya.
Masalah
pemerataan pendidikan timbul apabila masih banyak warga Negara khususnya anak
usia sekolah yang tidak dapat di tampung dalam sistem atau lembaga pendidikan
karena kurangnya fasilita pendidikan yang tersedia. Saat ini kondisi pendidikan
di Indonesia masih belum merata. Misalnya saja di kota-kota besar sarana dan
prasarana pendidikan disana sudah sangat maju. Sedangkan di desa-desa hanya
mengandalkan sarana dan prasarana seadanya. Banyak sekolah – sekolah yang
kurang diperhatikan dan kurang direnovasi di wilayah pedalaman. Melainkan
dengan sekolah – sekolah yang ada di kota – kota besar. Lalu kemana perginya
uang rakyat ? yang digunakan untuk memenuhi fasilitas di Indonesia terutama
untuk pendidikan. Bukan hanya masyarakat di desa saja yang masih tertinggal
pendidikannya. Daerah-daerah di Indonesia timur bukan hanya sarana dan
prasarana yang kurang tapi juga kurangnya tenaga pengajar sehingga
sekolah-sekolah disana masih membutuhkan guru-guru dari daerah-daerah lain.
Walaupun ada warga negara Indonesia yang tinggal di kota-kota besar tapi karena
mereka termasuk ke dalam warga negara yang kurang mampu sehingga mereka tidak
bisa merasakan pendidikan. Banyak anak-anak yang masih di bawah umur sudah
bekerja untuk membantu orang tua mereka dalam mempertahankan hidupnya.
Ketika
pemerintah sudah mengetahui kemajuan pendidikan dikota-kota yang besar,
kebanyakan justru melakukan pengembangan yang lebih besar lagi pendidikan
dikota besar tersebut. Maka seharusnya tindakan pemerintah dikota besar itu yang
benar adalah lebih memperdulikan pendidikan yang kurang dikota-kota terpencil
dan memulai membantu untuk pengembanganan kecil-kecilan hingga besar terhadap
pendidikan dikota terpencil tersebut. Agar tercapainya pemerataan pendidikan
antara kota-kota besar dengan pendidikan kota-kota kecil. Sehingga tidak ada
lagi ketidakadilan yang terjadi didalam pendidikan di Indonesia.
NADYA SAFIRA
15321079
B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar